POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS

 


PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

PERTEMUAN KE-24, GELOMBANG 22

HARI/TANGGAL: JUM'AT, 26 NOVEMBER 2021

NARASUMBER : IMRON ROSIDI

MODERATOR    : DAIL MA'RUF

PENULIS            : ROHAINA YUSMAN


A. PEMBUKAAN

Materi malam ini di mulai pukul 19.00, dengan moderator Pak Dail Maruf. Sebelum memulai materi moderator mengajak peserta Pelatihan Belajar Menulis PGRI untuk berdo'a menurut kepercayaan masing-masing.  Agar materi yang disampaikan mendapatkan keberkahan. Materi malam ini adalah "Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS"

Sebelum memulai mari kita mengenal Narasumber kita malam ini:

Nama : Imron Rosidi, Aktifitas sehari-hari sebagai kepala sekolah SMAN 1 Bangil, pak Imron juga sebagai Tim Penilai Kenaikan Pangkat Guru Pusat dari golongan IV/c, IV/d, dan IV/e dan juga sebagai ketua Tim Provinsi Jawa Timur. Materi kita adalah "Menulis Buku Untuk Kenaikan Pangkat".

B. MATERI

Bahwa untuk kenaikan pangkat ada istilah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terdiri atas:

  1. PD : Pengembangan Diri
      Ada dua jenis pengembangan diri yaitu:
  • MGMP atau KKG
  • Diklat Fungsional yang diadakan oleh Lembaga diklat resmi, Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan atau cabang dinas, dan lembaga Profesi Guru
    PKB yang berupa Pengembangan Diri itu diwajibkan untuk semua golongan mulai dari III/a ke III/b, sampai pada IV/d ke IV/e tetapi untuk
    2. PI  : Publikasi Ilmiyah
           Yang termasuk Publikasi Ilmiyah adalah meliputi buku-buku hasil penelitian, artinya ada laporan penelitian dari PTK maupun dari penelitian eksperimen, penelitian diskriptif, atau penelitian pengembangan atau riset itu bisa kita ubah menjadi sebuah buku. Menulis buku, baik buku pelajaran atau buku di bidang pendidikan maupun buku sastra merupakan unsur PKB yang harus kita kuasai. Lalu ada buku pelajaran, buku pengayaan atau buku pedoman guru semua bisa dinilaikan.
    3. KI  : Karya Inovatif
            Sementara itu yang masuk pada Karya Inovatif adalah buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel.
Untuk Karya Inovatif itu ke Gol IV/a maksimal 50 %  

Tetapi untuk ketika Gol III bebas artinya bentuknya PI semua boleh atau bentuknya KI semua boleh.

Yang dimaksud dengan buku hasil penelitian adalah mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku. Buku pelajaran yang bisa di nilai adalah buku pelajaran yang ber-ISBN lengkap seperti  untuk SMP kelas VII, VIII dan IX dan SD dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan SMA kelas X sampai dengan XII.

Sedangkan untuk modul atau diktat, buku pendidikan dan karya terjemahan termasuk kepada buku-buku pengayaan. karya terjemahan itu nilainya 1 dan buku pendidikan, modul nilainya 0,5, sedangkan buku pedoman guru itu nilainya 1,5 dan maksimal hanya boleh 1 buku pedoman guru dalam sekali pengajuan naik pangkat. 

Semua guru boleh mengajukan karya seni tidak harus guru dibidang tertentu. Seperti cerpen, drama, puisi atau novel.


C. TANYA JAWAB

Pertanyaan 1
Ass...perkenalkan saya Umi Agus Farida-Batola-Kalsel. Terimakasih atas ilmunya, mhn izin bertanya, untuk naik pangkat dari 3d ke 4a kecuali buku antologi dan buku diktat apa lagi yg hrs dipersiapkn pak?terimakasih 

Jawaban 1
Untuk kenaikan pangkat Gol III/d ke IV/ a yang diwajibkan ada yaitu satu Laporan Hasil Penelitian. Laporan hasil penelitian itu pada umumnya berbentuk PTK, karena dimasa pandemi tidak bisa melakukan PTK maka bisa melakukan Penelitian Deskriptif, Penelitian Pengembangan, atau eksperimen. Karena Laporan Penelitian  hanya bernilai 4 sedangkan ke IV/a itu wajib mengumpulkan nilai PI dan KI 8, maka PTK ditambah dengan buku antologi satu orang menulis minimal 40 puisi atau minimal 10 cerpen.  Karena puisi yang dibukukan  ber-ISBN lebih dari 40 itu nilainya 4, sehingga nilainya sudah pas 8. sedangkan modul itu nilainya kecil 0,5. boleh lebihkan saja. atau lebih baik ditambah makalah atau flesfekdis karena nilainya 2. Jangan Pas, tidak mengapa dilebihkan jadi jika ada yang ditolak masih tetap bisa kenaikan pangkat. 
Sedangkan Pengembangan Diri usahakan diatas 4, kalau bisa 6, 7 supaya nilai AKK nya besar. AKK adalah Angka Kredit Kumulatif

Pertanyaan 2
Assalamualaikum Bapak.., saya Susan Anggraini dari pangkalpinang mau bertanya masalah kenaikan pangkat. Untuk kenaikan pangkat dari 3d ke 4a apakah harus memiliki PTK ataukah dengan 2 buku solo dapat memenuhi kenaikan pangkat tersebut. Terima kasih atas informasinya Bapak

Jawaban 2
Tdk bisa. Ada kewajiban minimal 1 laporan hasil penelitian.
bisa membaca buku 4 dan buku 5


Pertanyaan 3 ;

Assalamu'alaikum ww. Saya ibu suyatinah dari yogya mohon ijin bertanya : 

Saya baru saja ikut diklat penelitian pre eksperimen. Sudah saya praktekkan ( model intact group comparasion) dan sudah seminar pula. Menurut narasumber dr lpmp yogya, harus ada uji homogenitas terhadap variabel bebas. Sementara menurut dosen yg ngisi diklat dan beliau juga asesor pusat, kalau penelitian pre eksperimen, gak perlu uji homogenitas.

Bagaimana solusinya Bapak, agar laporan penelitian saya nanti dinilai oleh asesor. Kebetulan saya mau ke iv c, jadi asesor pusat yg menilai.

Mtr nwn

Jawaban 3

Kalau penelitian untuk naik pangkat tidak seribet penelitian di perguruan tinggi, yang perlu diperhatikan adalah ke aslian dan yang terpenting sistematikanya sesuai dengan buku 4. bereksperimen itu ada kelompok kontrol dibandingkan dengan kelompok eksperimen dari responden dan siswa yang sama, yang penting BAB I Pendahuluan, BAB II Landasan Teori atau kajian pustaka, BAB III Metode, BAB Iv hasil penelitian dan pembahasan  dan BAB V penutup. kemudian diberi lampiran-lampirandan diseminarkan.

Penrtanyaan .4

Assalaamu 'Alaikum Warahmatullahii Wabarakaatuh

Nama Saya Arham Asal Donggala,,,, Menyimak dan mndengarkan Voice Note narsum malam ini yg memaparkan syarat untuk kenaikan Pangkat untuk ASN itu salah satunya PKB dan Penilitian lain termasuk seminar dari perguruan tinggi, Dinas Pendidikan dll, pertanyaan saya apakah dengan melampirkan Buku solo bisa di terima sebagai syarat kenaikan pangkat dalam hal ini setara PTK? Terima kasih

Jawaban 4

Tidak, buku ber-ISBN nilainya 3 dan Penelitian nilainya 4, PTK adalah syarat untuk kenaikan pangkat ke Gol IV, ke IV/a minimal satu PTK, ke IV/b minimal satu laporan hasil PTK dan artikel dalam jurnal ( penelitiannya dibuat artikel dan diterbitkan di jurnal) begitu juga ke IV/c  dan ke IV/d baru satu hasil penelitian, satu Jurnal dan satu buku ber-ISBN sama dengan ke IV/e.

Jadi buku tidak bisa menggugurkan penelitian digolongan IV kecuali gol III tampa penelitian boleh. Tetapi banyak penilaian-penilai dari daerah yang menganggap PTK suatu kewajiban padahal bukan. PTK digunakan pada kenaikan pangkat ke gol IV itupun tidak harus PTK tapi boleh penelitian lain. ini bisa dibaca pada buku 4 atau di Permen PANRB 16 tahun 2009 dan Permen Diknas 35 tahun 2010

Pertanyaan 5.

Assalammualaikum Pak Dail .saya Elok Dewi dari padang  nanya

Karyavinnovatif adalah Kumpulan puisi ,cerpen dan novel 

Pertanyaannya :

1.apakah kumpulan pantun tidak termasuk karya  innovatif

2 apakah didalam menulia buku sebaik naya nama asli kita atau nama pena kita

Apakah kalau kita tulis nama pena  di buku apakah bisa diakui atau dinilai .karena dalam buku kan ada bionarasi kita

3. syarat naik pangkat 3b  ke 3 c  apa saja pak 

Terima kasih pak


Jawaban 5

1. Pantun adalah bentuk puisi lama, boleh. Namun pantunkan terdiri dari empat baris dalam satu halaman memuat empat sampai delapan pantun jadi terlihat kecil . Tapi puisi dalam satu halaman bisa satu puisi. minimal 20 halaman tapi tidak bisa dibukukan jadi perlu 60 puisi atau 60 halaman. 

2. Kemudian untuk penulisan puisi atau buku sebaiknya menggunakan nama sebenarnya, karena untuk digunakan untuk kenaikan pangkat. Nama pena tidak diakui. 

3. Syarat III/b ke III/c hanya butuh 4 PI dan KI, buat 2 makalah. atau satu buku puisi sudah cukup, kalau bisa PD nya 3 atau lebih, dan PI dan KI nya 6 jadi jika ada coretan masih bisa naik pangkat.

Pertanyaan 6 :

Saya  Bu Tini dari Serang 

Ijin bertanya Pak  : Saya ada teman tidak pernah bikin PTk dan tidak mau bikin PTK. Saat mau kenaikan pangkat, diminta karena syarat.  Minta dibantu ke pengawas, katanya bisa bayar sekian dan sekian. Itu bagaimana ??

Jawaban 6:

Benar ada oktum-oknum yang penjahit PTK. Sebenarnay tidak ada syarat wajib PTK, yang ada adalah satu laporan hasil penelitian bisa PTK, deskrifti, preeksperimen, ataupun pengembangan. Sayangnya  pembuat jenis penelitian pengembangan, deskriptif, maupun ekserimen tidak ada, yang ada penjahit-penjahit PTK, jangan ditiru. sebaiknya membuat PTK sendiri. 

Pertanyaan 8 :

Assalamualaikum pa ijin bertanya, kalau buku antologi masuk kriteria buku apa, bisa untuk bahan kenaikan pangkat

Jawaban 8

Jika buku antologi Buku Puisi penulis harus menulis minimal 20 judul puisi yang bisa dinilai. Tidak boleh lebih dari 4 penulis. Kalau antologi cerpen minimal satu penulis menulis 5 cerpen. Tidak bisa kurang. satu buku 4 orang penulis. masuk kepada karya inovatif  baca di buku 4.

Pertanyaanc9 : 

Assalamuaaikum saya Bu Tuti Umyati dari SMPN 1 Ciseeng Kab. Bogor .Pertanyaan saya, apakah ada sangsi bagi PNS/ASN yang mandek tidak mengajukan naik pangkat pada golongan tertentu? Misalnya mandek di gol. IV.a . Untuk golongan IV.a ke IV b apakah tetap diwajibkan membuat PTK?

Jawaban 9

Sebenarnya ada, tetapi guru kurang jadi tidak diterapkan. Harusnya ada maksimal 5 tahun harus naik pangkat.

Masalah presensi digital  saja guru tidak berani disangsi. Tapi TU tenaga pendidikan sudah disangsi. pengurangan honor. 

Lebih baik mengajukan naik pangkat 4 tahun sekali. Itu hak kita. Dengan mengajukan naik pangkat guru melakukan pengembangan diri dengan menulis, melakukan penelitian  dan bisa berkreasi

Pertanyan 10 

Assalamualaikum pak, saya israndani izin  bertanya. Dari Pangkal Pinal babel.

Bagaimana cara membuat jurnal agar dapat diakui sebagai salah satu poin dalam kenaikan pangkat. Terimakasih pak

Jawaban 10

Membuat artikel ilmiyah hasil penelitian kemudian dipublikasikan. Artikel ilmiyah itu diambil dari hasil penelitain tidak boleh membuat lagi. Misalnya kita punya PTK maka di ubah sistemmatikanya ke artikel ilmiyah,. dengan teknik copypasdel bisa. Laporan hasilnya peneliatian tersebut kita kirim ke jurnal  yang diterbitkan oleh Peguruan Tinggi, Lembaga Diklat resmi, PGRI atau dinas. Penulisan artikel dalam jurnal adalah syarat kenaikan pangkat VI/b, IV/c,  IV/d. dan IV/e. Tapi harus ada laporan 

D. PENUTUP

Lakukan kenaikan pangkat dengan jujur. Karena kejujuran adalah segala-galanya, tidak perlu naik pangkat jika kita harus membeli karya orang lain. Gaji kita berdasarkan SK kita, Bukan dari kerja kita. Kalau gaji kita dari cara yang kotor bisa saja gaji kita bisa jadi tidak halal. Semoga kita bisa naik pangkat dengan menggunakan karya kita sendiri. dan dengan jujur agar apa yang kita dapatkan menjadi berkah dalam kehidupan kita. Aamiin.

Materi ini membuka wawasan kita tentang kenaikan pangkat bagi PNS. Begitu pentingnya kegiatan dan pembiasaan menulis dalam pengembangan profesi guru, terutama jenjang karier guru. khusus guru PNS dalam kenikan pangkat. Maka mari biasakan menulis dan mulailah menulis.

salam literasi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMASARAN BUKU

KIAT MENULIS CERITA FIKSI

Menulis Buku dari Karya Ilmiah